Apa Itu SSH ?



Apa itu SSH?

Jika ini pertama kalinya anda mendengar SSH, tak heran jika Anda bertanya-tanya mengenai SSH itu sendiri. Ya, SSH ini adalah sejenis aplikasi pengganti untuk remote login seperti misalnya rlogin, rsh dan telnet. Dikembangkan oleh OpenBSD projet untuk pertama kalinya, SSH ini dianggap lebih aman dibanding remote login lainnya. Fungsi utama dari aplikasi ini sebenarnya adalah untuk mengakses mesin dengan cara remote. Bentuknya sendiri berupa akses mode teks dan grafis selama konfigurasinya mengizinkan. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak informasi tentang SSH berikut ini.

Penggunaan dan Instalasi SSH

Berbicara mengenai SSH, tentu kita tak boleh lupa dengan kegunaannya secara umum. Sebagai sebuah protokol yang bisa dipakai untuk menjalankan berbagai aplikasi, SSH memiliki beberapa kegunaan seperti yang ada di bawah ini.
  • untuk menyalin atau mengopi file dari server lokal ke remote host
  • untuk login ke shell pada remote host
  • untuk tunneling port atau port forwarding
  • untuk dipakai sebagai VPN yang dienkripsi secara penuh
  • untuk browsing pada web melalui proxy yang terenkripsi
  • untuk meneruskan X11 via beberapa host
  • untuk mengamankan proses mounting direktori pada server remote sebagai sistem file pada komputer lokal dengan memakai SSHFS
  • untuk membuat remote monitoring otomatis serta membuat pengelolaan server via satu atau lebih mekanisme
Setelah mengetahui apa itu SSH dan beberapa penggunaannya, Anda juga perlu untuk mengetahui cara instalasi SSH. Secara umum, instalasi SSH pada client dan server tidaklah begitu sulit. Untuk menginstal aplikasi client pada sistem Ubuntu misalnya, Anda bisa menggunakan perintah “sudo apt-get install openssh-client” pada prompt terminal. Sedangkan untuk menginstal aplikasi pada server, Anda bisa menggunakan perintah “sudo apt-get install openssh-server” pada prompt terminal. Untuk sistem operasi lainnya, Anda bisa menginstal aplikasi SSH yang Anda miliki seperti biasa. Setelah menginstalnya, Anda bisa mencoba untuk menggunakan SSH dengan teman Anda.

Selanjutnya, ini juga penting untuk Anda mengetahui cara mengkonfigurasi aplikasi SSH tersebut. Dengan mengkonfigurasi aplikasi Anda bisa mengubah perilaku default pada aplikasi SSH yang baru Anda install tersebut. Dalam hal ini Anda bisa mencari tutorial untuk konfigurasi aplikasi SSH yang Anda gunakan. Sebagai contoh, untuk aplikasi OpenSSH di sistem operasi Ubuntu, Anda bisa mengkonfigurasi aplikasinya dengan memiliki menu file, etc, ssh kemudian sshd_config. Di dalamnya Anda akan menemukan berbagai pilihan konfigurasi. Ada baiknya anda menyalin file asli konfigurasi awal sebelum mengubahnya. Hal ini dilakukan agar Anda memiliki pengaturan awal yang standar untuk aplikasi tersebut. Selain itu agar Anda bisa memakainya kembali saat membutuhkannya. Sekarang Anda pun sudah tahu apa itu SSH dan penggunaannya.

0 Response to "Apa Itu SSH ?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel